Artikel ditulis oleh : Wahyuningsih, S.Pd  . Ustadzah TPA, KB & TKIU AL KHOIR Surakarta

Belajar  tentu telah menjadi menu harian untuk anak anak sekolah baik di rumah atau di sekolah,  Sebagai fasilitator  guru dan orang tua sangat berperan untuk membuat suasana belajar anak agar  selalu segar, menarik, dan tidak membosankan. 

Di tengah situasi pandemi covid 19, semua sekolah menerapkan pembelajaran dari jarak jauh secara OnLine. Aktivitas belajar di rumah untuk anak anak PAUD tidaklah mudah

Maka dari itu, penyajian materi dengan cara-cara yang baru dan menyenangkan dapat menjadi salah satu faktor untuk menentukan hasil belajar anak anak. Dengan suasana  yang menyenangkan, anak  akan menikmati kegiatan belajar mereka tanpa adanya perasaan tertekan dan bosan.  Lalu, bagaimana ya caranya membuat suasana belajar agar  tidak membosankan dan menjadikannya menyenangkan? Yuk, kita simak rahasianya!

1. Buat suasana ruangan yang berbeda

Suasana ruangan yang bersih, nyaman dan sehat  serta menyenangkan akan membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan baik di rumah dan di sekolah.

Agar suasana kelas lebih menyenangkan, cobalah susun ulang ruang kelas seperti posisi meja dan kursi yang melingkar. Jadi posisi guru berada di tengah tengah atau berhadapan dan siswa dapat melihat guru dengan lebih baik.

Begitupun ketika kita belajar di rumah, semua ruangan di rumah seperti teras juga bisa kita gunakan agar anak anak tidak bosan.

C:\Users\Goes\Downloads\WhatsApp Image 2021-01-11 at 15.17.32.jpeg
Ruangan kelas yang  nyaman
C:\Users\Goes\Downloads\WhatsApp Image 2021-01-11 at 14.59.37(1).jpeg
Suasana belajar di rumah

2. Buat suasana hati anak anak senang degan berbagai ice breaking

Membuat suasana hati anak menjadi senang dan meningkatkan konsentrasi anak  sebelum belajar di mulai dengan berbagai permainan atau ice breaking sederhana agar anak lebih semangat dan tertarik mengikuti kegiatan, seperti bernyanyi, bermain games, berolah raga sebentar , tepuk tepuk dan lain lain, ice breaking ini bisa dilakukan sendiri dirumah atau  secara berkelompok jika di sekolah.

C:\Users\Goes\Documents\HP OPPO Wahyuningsih\Camera\IMG20191118082143.jpg
C:\Users\Goes\Documents\HP OPPO Wahyuningsih\Camera\IMG20191118082304.jpg

3. Memanfaatkan tehnologi

Tidak hanya menggunakan papan tulis  dan alat peraga yang lain, belajar dengan menggunakan LCD proyektor juga menjadi salah satu metode yang menyenangkan di sekolah. Dimasa pandemi kegiatan belajar dengan model Daring atau On Line juga dengan menggunakan tehnologi seperti whatsapp , Privat V-Call, Video Tutorial You Tube , Zoom atau Microsoft 365

C:\Users\Goes\Downloads\WhatsApp Image 2021-01-11 at 15.41.12.jpeg
Belajar dengan menggunakan LCD
C:\Users\Goes\Downloads\WhatsApp Image 2021-01-12 at 18.08.14.jpeg
Zoom Meeting

4. Gunakan model atau metode pembelajaran yang FUN

Cara memberikan materi pembelajaran dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan tidak membosankan , sebagai contoh dengan menggunakan alat peraga, bercerita dengan menggunakan boneka tangan, dan alat pembelajaran yang bisa mengasah kreatifitas anak seperti loose part atau barang barang bekas yang berada di sekitar sangat membantu dalam pembelajaran daring atau BDR ( Belajar Dari Rumah )

C:\Users\Goes\Downloads\WhatsApp Image 2021-01-12 at 17.15.51.jpeg
Bercerita dengan boneka tangan
C:\Users\Goes\Downloads\WhatsApp Image 2021-01-12 at 17.21.37.jpeg
Belajar dengan loose Part

Membuat suasana belajar  yang menyenangkan  untuk Anak Usia Dini ternyata tidak sulit bukan? Jika anak anak dapat belajar dengan senang dan relax tentu hasil yang akan mereka dapatkan juga lebih baik dan efektif. Jangan berhenti untuk melakukan eksplorasi gaya mengajar yang menyenangkan. # Selamat Mencoba , Semoga Bermanfaat 

Leave a Comment